Bukan rahasia lagi kalau kacang ini rasanya enak, kacang almond merupakan kacang yang mengandung kaya akan nutrisi yang penting serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kacang almond juga sebenarnya merupakan biji yang tumbuh dari pohon almond itu sendiri(Prunus dulcis). Pohon almond menurut asal usul berasal dari Timur Tengah, namun, sekarang Amerika Serikat merupakan negara dengan penghasil almond terbesar di dunia.

Kalau kita ketahui Almond yang dijual di pasaran merupakan almond tanpa kulit yang membuatnya berbentuk seperti kacang, karena hal itu lah kacang tersebut disebut dengan kacang almond.

Berikut ini Merupakan 10 Rahaisa Dari Almond Tehadap Kesehatan Tubuh

Sehat dengan kacang almond
Sehat dengan kacang almond

1. Kacang Almond mengandung banyak nutrisi penting

Almond kaya akan vitamin E, mangan, serat, copper, magnesium, protein, fosfor, vitamin B2, dan monounsaturated fat (lemak tak jenuh tunggal). Berbekal sedikit kalori dan juga sedikit karbohidrat yang pastinya mudah dicerna.

Makan kacang almond dengan kulitnya juga bisa meningkatkan kadar flavonoid dan vitamin E dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan kesehatan terutama untuk para orang tua.

2. Almond Juga memberi energi untuk tubuh kita

Kandungan mangan dan copper seperti yang tertera diatas, merupakan mineral penting untuk mengatasi radikal bebas yang mana bisa membuat tubuh tetap berenergi. Riboflavin (vitamin B2) dalam almond pun sama memiliki peran penting untuk memberi energi bagi tubuh.

Peran riboflavin yang lain terkait dalam melindungi glutathione pada saat mengurangi proses oksidasi tubuh.

3. Almond akan melindungi sel membran dari berbagai kerusakan

Vitamin E yang di kandung dalam kacang almond melindungi membran sel dari segala dan berbagai kerusakan akibat adanya oksidasi. Almond juga merupakan salah satu dari berbagai macam makanan sumber vitamin E tertinggi, yang mana berfunsi sebagai penurunan resiko penyakit jantung, kanker, dan penyakti Alzheimer.

4. Almond Memiliki banyak antioksidan

Antioksidan yang di kandung dalam kacang almond memiliki manfaat dalam membantu melindungi tubuh secara aktif dari stress oksidatif penyebab kerusakan pada molekul sel, penuaan, yang hingga ke penyakit kanker.

Selain dari kandungan kacang almondnya, Antioksidan juga bisa banyak ditemukan dalam kulit almond. karenanya, sebaiknya makanlah kacang almond juga dengan kulitnya.

5. Mengurangi selera makan

Bagi kebanyakan orang, mengurangi selera makan merupakan hal penting dalam memelihara kesehatan.

Mengapa demikian?

Karena memiliki selera makan rendah berarti mengurangi asupan kalori yang mana bisa mengakibatkan obesitas yang kurang baik bagi kesehatan. Almond juga rendah akan karbohidrat, serta juga mengandung banyak juga protein dan serat. Protein beserta serat dikenal sangat bisa membuat tubuh kita merasa kenyang dengan lebih lama.

Dalam sebuah penelitian ilmiah yang diselenggarakan oleh sebuah institusi denagn durasi 4 minggu dan melibatkan sebanyak 137 orang, membuktikan bahwa makan kacang almond sebanyak 43 gram per hari dapat mengurangi rasa lapar dan juga mengurangi selera makan.

6. Almond sangat bisa menurunkan berat badan

Poin diatas menjelaskan bahwa kacang almond dapat mengurangi selera makan. Selain itu, almond juga memiliki jumlah kalori yang sulit untuk dicerna tubuh, dan bisa mengakibatkan dalam peningkatkan metabolisme.

Maka dari hal itu, dengan kacang almond mengandung banyak lemak, sekarang kacang almond sangat memiliki manfaat dalam hal menurunkan berat badan.

Selain kacang almond, air putih juga kerap bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

7. Almond bisa menurunkan resiko kanker

Penelitian yang dilakukan pada sautau institusi di Department of Nutrition, University of California, Davis, membuktikan bahwa dengan memakan kacang almond dapat mengurangi bahaya terkena kanker usus besar.

8. Almond juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Sebagaimana diketahui, Almond mengandung unsur monounsaturated fats,

Apa itu?

yaitu lemak sehat yang memiliki kandungan yang sama yang terdapat dalam minyak zaitun. Lemak sehat ini sangat bisa mengurangi resiko dari penyakit jantung.

Penelitian dari suatu institusi yang telah dipublikasikan pada British Journal of Nutrition Terkait rahasia dari kacang almond. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 12 pasien yang mempunyai kadar LDL cholesterol jumlah tinggi bisa mengalami penurunan kadar LDL cholesterol setelah 2 minggu rutin makan almond, protein kedelai, oat, dan buah pear.

9. Almond berpotensi untuk menurunkan darah tinggi

Kacang almond menganding Magnesium. Magnesium yang terdapat dalam almond bisa membantu menurunkan tekanan dalam tinggi.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan penyebab utama dari stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa magnesium yang terdapat di almond dapat menurunkan tekanan darah secara cepat.

10. Almond membantu mencegah adanya batu empedu

Data yang di kutip dari Nurses’ Health Study yang kemudian dikumpulkan sudah sejak lebih dari 20 tahun dan sudah melibatkan lebih dari 80.000 wanita membuktikkan bahwa seorang wanita yang makan kacang atau selai kacang saja sebanyak paling tidak 1 ons per minggu saja menciptakan batu empedu 25% lebih rendah.

1 ons secara timbangan yaitu serupa dengan 29 buah kacang atau sebanyak 2 sendok makan selai kacang.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai rahasia dan manfaat dari kacang almond yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!