Buah Semangka merupakan sumber lycopene, vitamin, antioksidan, dan mineral. Manfaat kesehatan dari buah semangka bagi kesehatan, antara lain, anti-inflamasi, menjaga kesehatan mata, mencegah kanker.

Semangka juga memiliki manfaat lain seperti pencegahan penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, kesehatan jantung, serta menurunkan gula darah pada penderita diabetes, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Semangka merupakan sumber lycopene, antioksidan, vitamin dan mineral. Berguna untuk anti-inflamasi, menjaga kesehatan mata, pencegahan kanker, pencegahan penyakit ginjal dan manfaat kesehatan lainnya.

Top 10 Manfaat dari Buah Semangka untuk tubuh yang sehat

10 Manfaat Buah Semangka Tubuh Yang Sehat

Sumber semangka air likopen

Putih atau lebih dekat ke kulit buah semangka adalah yang paling mengandung bagianlikopen. Semangka mengandung lycopene, dibandingkan dengan jumlah likopen dalam tomat. Lycopene bermanfaat bagi kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan keindahan kulit. Dengan demikian, likopen banyak digunakan sebagai bahan kosmetik dan perawatan kulit.

Manfaat Air Semangka sebagai agen anti-inflamasi

fenolik senyawa, flavonoid, karotenoid dan triterpen buah semangka adalah agen anti-inflamasi yang efektif. Lycopene juga merupakan inhibitor yang baik dari banyak proses inflamasi. Selain itu, likopen juga merupakan jenis antioksidan yang dikenal karena kemampuannya untuk menetralisir molekul radikal bebas.

Semangka untuk kesehatan mata

Semangka secara fungsi memiliki banyak beta-karoten, vitamin C danlutein serta zeaxanthin yang penting untuk melindungi mata kita dari kerusakan yang disebabkan oleh degenerasi makular. denegerasi mata untuk lesi makula dapat menyebabkan katarak, glaukoma, kebutaan.

Manfaat Buah Semangka Untuk Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam buah semangka mampu mengatasi kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas. kerusakan DNA dapat menyebabkan mutasi yang merusak dan pembentukan sel-sel kanker. Semangka juga mengandung lycopene, yang mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara dan kanker paru-paru.

Pencegahan batu ginjal semangka

Semangka adalah diuretik alami yang dapat meningkatkan produksi urine, dengan manfaat membantu ginjal untuk menghilangkan limbah. Kalium adalah mineral penting untuk membersihkan ginjal dari kotoran dan mencegah pembentukan batu ginjal. Banyak antioksidan dalam semangka juga bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan ginjal.

Semangka menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes

Semangka memiliki manfaat bagi penderita diabetes karena mengandung banyak air dan serat, rasa manis, tapi sedikit gula dan lebih sedikit kalori. Dan mengandung banyak vitamin, kalium, magnesium dan arginin yang membantu mengatur fungsi insulin dalam tubuh dan mengurangi kadar gula darah darah.

Semangka meningkatkan kesehatan jantung

Semangka memiliki banyak manfaat berupa kalium, karotenoid, vitamin C, lycopene dan beta karoten yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi sayuran dan buah-buahan kalium dapat menurunkan tekanan darah cukup tinggi untuk mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Selain itu, likopen dalam semangka juga dapat meningkatkan fungsi jantung5), dan beta-karoten dalam semangka dapat mencegah masalah jantung karena usia.

Buah Semangka memiliki Manfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah

Sejumlah besar kalium dan magnesium dalam melon adalah penting dalam mengurangi tekanan darah. Kalium untuk mengurangi tekanan dalam pembuluh darah dan arteri, dan merangsang peningkatan aliran darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Karotenoid dalam semangka mencegah penebalan dinding arteri dan vena, yang dapat memiliki manfaat menurunkan tekanan darah dan mengurangi pembekuan darah, pencegahan stroke, mencegah serangan jantung dan pencegahan aterosklerosis.

Meningkatkan imunitas

Vitamin C dalam semangka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan sakit, dan melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

Semangka untuk detoksifikasi tubuh

Sekitar 90 persen dari semangka adalah air. Dengan jumlah kadar air, semangka nyaman untuk detoksifikasi tubuh, membantu Anda menurunkan berat badan, dan mendinginkan tubuh dan mencegah, terutama pada stroke musim panas panas (heatstroke).

Semangka juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan meredakan nyeri sendi.