Ketahui! 7 Pantangan Makanan Penderita Tuberkulosis

Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menderita Tuberkulosis? Bingung cara mengatasinya? Ketahui! 7 Pantangan Makanan Penderita Tuberkulosis

Ketahui! Bahaya Penyakit Tuberkulosis!


Tuberkulosis (TB) atau yang juga dikenal dengan singkatan TBC, merupakan penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titk kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak mempunyai kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

TB termasuk ke dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk ke dalam 6 besar negara dengan kasus baru TB terbanyak.

Gejala Tuberkulosis

Tuberkulosis mempunyai gejala-gejala klasik yang umumnya berupa:

  • Batuk-batuk yang bisa menjadi batuk berdahak. Batuk ini berlangsung selama 21 hari atau lebih
  • Batuk yang mengeluarkan darah
  • Dada yang terasa sakit saat bernapas atau batuk
  • Tidak napsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Demam dan menggigil
  • Berkeringan secara berlebihan pada malam hari
  • Kelelahan.

Ketahui! 7 Pantangan Makanan Penderita Tuberkulosis

Banyak sekali cara untuk mengobati Tuberkulosis, salah satunya dengan Ketahui! 7 Pantangan Makanan Penderita Tuberkulosis ini, makanan ini wajib dihindari dan dijauhi oleh penderita Tuberkulosis karena apabila anda konsumsi akan memperburuk keadaan Tuberkulosis, diantaranya yaitu:

1. Hindari Gorengan

Makanan berminyak merupakan pantangan makanan untuk penderita Tuberkulosis yang pertama karena bisa menyebabkan batuk. Makanan seperti ayam goreng, kentang goreng, roti goreng dan snack gorengan merupakan daftar teratas yang harus anda buang dari daftar makanan harian anda.

Kandungan lemak jenuh dalam makanan yang digoreng bisa memperparah peradangan dan memperburuk gejala TBC serta membawa resiko penyakit lain seperti tekanan darah, kolesterol, asam urat serta jantung.

2. Hindari Makanan Kalengan

Makanan dan minuman kalengan mengandung zat kimia yang bertujuan untuk mengawet bahan makanan didalamnya. Zat pengawet membawa dampak buruk jika masuk ke dalam tubuh karena melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko akan infeksi bakteri. Contoh makanan kaleng diantaranya yaitu daging, sosis, buah-buahan san sayuran kalengan dan minum kaleng.

Mulailah kebiasaan untuk mengolah makanan dari bahn-bahan yang fresh dari pasar tradisional. Selain menyehatkan juga baik untuk mempercepat penyembuhan TBC.

3. Hindari Alkohol

Penderita TBC perlu memperhatikan asupan alkohol, alkohol sendiri tidak hanya terdapat minuman keras. Akan tetapi sepertu durian dan anggur serta makanan tape juga mempunyai kandungan alkohol. Dampak buruk alkohol adalah bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol dan berujung pada penyakit jantung.

Alkohol juga buruk bagi paru-paru karena bisa mempercepat peningkatan nitrosamin di dalam paru-paru. Oleh karenanya alkohol menjadi salah satu pantangan penderita TBC.

4. Hindari Konsumsi Daging Kambing

Bagi penderita radang paru-paru, baiknya mulai menghindari konsumsi daging kambing. Karena selain tingginya kandungan asam lemak jenuh dan kolesterol dalam daging kambing yang bisa menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Daging kambing juga mempunyai senyawa aktif yang bisa meningkatkan produksi zat nitrosamin yang merupakan penyebab TBC. Bagi penderita TBC konsumsi daging kambing hanya akan memperparah keadaan.

5. Hindari Makanan Asin

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi sebaiknya hindari mulai saat ini. Makanan asin berdampak buruk bagi paru-paru dan memperparah asma. Garam merupakan penyebab tekanan darah tinggi dan penyumbatan pembuluh darah.

Makanan seperti ikan asin mengandung zat nitrosamin, yang bersifat karsinogenik dalam tubuh bisa menyebabkan radang di tubuh kita. Selain nitrosamin, dalam ikan asin terdapat pula senyawa aktif lain yang mendorong pertumbuhan virus Epstein-Barr yang bisa membuat peradangan paru-paru.

Selain ikan asin, anda harus juga mewaspadai konsumsi acar, meskipun terdiri dari sayuran yang mempunyai kandungan gizi seperti mentimun dan wortel. Nyatanya, dalam proses pembuatannya acar menggunakan cukup banyak garam. Mentimun bisa menjadi spons yang menyerap kandungan garam yang mengendap dalam acar.

6. Hindari Terasi

Terapi merupakan bahan makanan yang populer sebagai bumbu tambahan pelengkap sambel. Akan tetapi konsumsu terasi bagi penderita tuberkulosis bisa memperparah kondisis tuberkulosis. Hal ini dikarenakan dengan kandungan rhodamin B dalam terasi bisa menyebabkan iritasi paru-paru. Bila dikonsumsi secara terus menerus, rhodamin B bisa menjadi zat karsinogenik dalam tubuh. Mulai ini hendaknya mengurangi konsumsi terasi.

7. Hindari Makanan Manis

Makanan manis merupakan makanan yang dilarang dikonsumsi oleh penderita TBC. Makanan bergula tinggi yang menggunakan gula halus seperti sereal, puding, kue kering, gula putih dan roti putih mulai saat ini harus anda hindari.

#TIPS!
Mengingat banyaknya makanan yang dilarang bagi penderita TBC, tidak mengherankan bahwa penderita TBC umumnya juga mengalami masalah kekurangan gizi. Untuk proses penyembuhan TBC, diharuskan mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, jambu biji, stroberi dan teh hijau yang kaya akan antioksidan merupakan makanan yang dianjurkan untuk penderita TBC.

Untuk membantu pengobatan TBC, diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, Vitamin C, antioksidan dan zat besi. Dengan pengobatan medis dan suplemen gizi tambahan maka kualitas hidup penderita TBC juga akan terjaga.

Baca Juga : Obat Herbal Tuberkulosis

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Tuberkulosis Secara Herbal


Ingin Mencegah dan Mengobati Tuberkulosis Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Tuberkulosis Ini Solusi Terbaiknya~!


Selain dengan mengetahui Ketahui! 7 Pantangan Makanan Penderita Tuberkulosis, pengobatan Tuberkulosis yang terakhir adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Tuberkulosis yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Tuberkulosis secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Tuberkulosis merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Tuberkulosis ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Herbal Tuberkulosis Klik Disini ↓↓

Atau Pesan Langsung Obat Herbal Tuberkulosis

Layanan Konsultasi dan Pemesanan Buka 24 Jam
Best Regards, Rindu Sehat

Ilham Nur Rizki Muharram
Hotline : 081320494019(Telp/SMS/WA)- 5D55CD3A (BBM)
Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Kota Tasikmalaya, 46115 Indonesia.
Walatra Gamat Emas KapsulObat Herbal Tuberkulosis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*