Ketahui! 4 Penyebab Gondongan dan Pengobatannya

Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menderita Gondongan? Bingung cara mengatasinya? Ketahui! 4 Penyebab Gondongan dan Pengobatannya Ini

Ketahui! Bahaya Penyakit Gondongan

Gondongan merupakan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis akibat infeksi virus. Kelenjar aprotis merupakan suatu kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air liur dan terletak tepat di bagian bawah telinga. Saat terjadi gondongan, bagian sisi wajah penderita akan terlihat membesar. Penyakit gondongan merupakan penyakit menular yang umumnya diderita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus dari keluarga paramyxovirus.

Penyebaran virus gondongan bisa terjadi melalui percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita gondongan ketika batuk atau bersin. Orang yang sehat bisa tertular gondongan apabila percikan tersebut masuk ke hidung atau mulut mereka baik secara langsung ataupun melalui perantara. Misalnya akibat berbagi peralatan makan dengan penderota atau menyentuh permukaan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus si penderita.

Gondongan bisa menyebar dalam waktu beberapa hari. Maka dari itu upaya pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin. Caranya yaitu dengan menghindari kontak langsung dengan penderita dan menjalani imunisasi terutama bagi anak-anak yang berusia diatas satu tahun.

Ketahui! 4 Penyebab Gondongan dan Pengobatannya

Gondongan sepertinya sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia karena memang penyakit menular ini cenderung terjadi pada anak-anak. Gondongan dikenal sebagai suatu kondisi yang bisa memicu kelenjar penghasil air liur atau parotid mengalami pembesaran. Apabila tidak segera ditangani dengan tepat gondongan bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius, maka dari itu Ketahui! 4 Penyebab Gondongan dan Pengobatannya ini, diantaranya yaitu :

1. Disebabkan Oleh Virus Paramyxovirus


Bicara mengenai apa yang menjadi penyebab gondongan, maka jelas pemicunya yaitu virus paramyxovirus. Virus ini menyebar seperti virus flu. Cara penyebarannya yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut diantaranya yaitu :

  • Melalui udara. Apabila udara telah kena kontaminas dari virus tersebut. Jadi berdekatan dengan si penderita sudah tidak aman lagi untuk kita. Bila mereka batuk-batuk atau bersin, udara akan terkontaminasi dan bila kita menghirupnya kita akan tertular
  • Melalui barangatau media perantara. Virus ini juga bisa menyebar dan kita akan ikut tertular dari barang-barang pribadi. Menggunakan perlengkapan mandi maupun makan yang sama dengan yang digunakan penderita gondongan bisa menjadi pemicu penularan. Atau ambil saja contoh saat penderita memegang gagan pintu, virus lalu berpindah ke gagang pintu tersebut. Jadi ketika kita memegangnya juga, virus akan menginfeksi kita
  • Melalui sentuhan. Misalnya penderita gondongan dengan tangannya menyentuh hidung atau mulutnya. Lalu, mereka menyentuh kita dengan tangan mereka, otomatis virus menjadi mudah berpindah pada kita dan akhirnya bakal tertular
  • Melalui makanan atau minunam. Berbagi makanan yang sama dengan penderita akan memudahkan kita untuk tertular virus gondongan termasuk juga minuman. Maka dari itu, penularan bisa dicegah ketika kita tidak begitu dekat dan tidak berinteraksi langsung dengan si penderita.

Sebelum menyerang kelenjar paratoid, virus tersebut akan masuk ke bagian saluran pernapasan. Disanalah perkembangbiakkan akan terjadi dan inkubasinya memakan waktu 14-25 hari lamanya.

2. Disebabkan Oleh Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu


Walau pun bukan penyebab utama, mengkonsumsi obat tertentu bisa menjadi faktor resiko pemicu penyakit gondongan. Mengkonsumsi obat tertentu yang mampu memberikan efek pada hormon kelenjar tiroid untuk ditekan rupanya bisa membuat tubuh mengalami gondongan. Maka sangat penting untuk mengkonsultasikan obat yang akan dikonsumsi dengan dokter. Apapun keadaan kita, apabila berususan dengan obat kimia, maka sebaiknya memang bertanya terlebih dahulu dengan dokter tentang efek sampingnya.

3. Disebabkan Oleh Kurangnya Zat Iodium


Senyawa iodium betul-betul penting bagi setiap tubuh manusia. Bagi yang belum tahu, kelenjar gondok atau tiroksin akan dijaga pertumbuhannya oleh zat iodium. Maka dari itu, kita mungkin sudah tahu bahwa garam beriodium perlu dimiliki oleh setiap keluarga. Garam tersebut mengandung iodium yang bagus untuk menjaga kesehatan keluarga.

Manfaat iodium yang bisa kita dapatkan diantaranya yaitu :

  • Membuat kinerja otak lebih baik dan lebih cerdas
  • Mendukung dan menjaga ksehatan tumbuh kembang jani dalam kandungan
  • Meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid
  • Mendukung pertumbuhkan otak pada janin ataupun anak.

Itulah alasang mengapa kekurang iodium bisa berakibat fatal. Tidak hanya gondongan atau gondok saja yang bisa terjadi. Kurangnya zat ini didalam tubuh bisa menjadi faktor pemicu keguguran pada wanita hamil.

4. Disebabkan Oleh Lemahnya Kekebalan Tubuh


Sistem daya tahan tubuh setiap manusia yang ada pada keadaan normala akan cukup kuat. Dengan kekuatan tersebutlah, tubuh bakal bisa mencegah segala penyakit yang datang. Ada banyak penyakit yang bisa dengan mudah masuk dan menginvasi tubuh manusia dikarenakan pertahanan tubuh yang terlalu lemah. Salah satu contoh penyakit yang bisa terjadi diantaranya adalah gondongan.

Karena penyakit ini berasal dari virus, maka untuk bisa mencegah virus tersebut menghampiri kita, kekebalan tubuh kita harus kuat. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang kiranya bisa memicu penurunan daya tahan tubuh. Denga mengetahui segala aktornya otomatis kita akan bisa melakukan pencegahan supaya dayah tidak menurun, diantaranya yaitu :

  • Kekurangan gizi atau nutrisi tertentu
  • Terlalu sering mengkonsumsi obat anti biotik
  • Stres dan depresi
  • Terlalu sering bergadang atau tidur malam-malam
  • Tidak pernah atau jarang berolahraga.
Baca Juga : Obat Herbal Gondongan

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Gondongan Secara Herbal


Ingin Mencegah dan Mengobati Gondongan Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Gondongan Ini Solusi Terbaiknya~!


Pengobatan Gondongan adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Gondongan yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Gondongan secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Gondongan merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Gondongan ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Herbal Gondongan Klik Disini ↓ ↓

Atau Pesan Langsung Obat Herbal Gondongan

Layanan Konsultasi dan Pemesanan Buka 24 Jam
Best Regards, Idaman Sehat

Ilham Nur Rizki Muharram
Hotline : 081320494019(Telp/SMS/WA)- 5D55CD3A (BBM)
Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Kota Tasikmalaya, 46115 Indonesia.
Jelly Gamat QNCObat Herbal Gondongan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*