Awas! Bahaya Penyakit Tennis Elbow

Apakah anda sering merasakan nyeri pada sisi luar siku yang menjalar hingga ke lengan bawah dan pergelangan tangan? Sering merasakan nyeri saat mengangkat, menekuk atau meluruskan tangan? Hati-hati bisa jadi anda terkena penyakit Tennis Elbow. Awas! Bahaya Penyakit Tennis Elbow Kenali gejala, penyebab dan pengobatannya sejak dini!!

Tennis Elbow merupakan nyeri dan peradangan pada sendi di sisi luar siku. Kondisi ini terjadi akibat tekanan yang berlebihan pada otot dan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang (tendon) di lengan bawah di sekitar siku. Penderita tennis elbow merasakan nyeri saat meluruskan lengan yang bisa menjalar dari siku hingga ke lengan bawah. Dalam dunia medis tennis elbow disebut juga dengan lateral epicondylitis.

Sendi pada siku dikelilingi oleh sekumpulan otot yang berfungsi untuk menggerakkan siku, pergelangan tangan dan jari tangan. Bila tendon menegang, peradangan dan robekan bisa terjadi di sisi luar siku.

#Tahukah Anda?
Penyakit ini biasanya terjadi pada pekerja yang bekerja atau berolahraga berat, khususnya ketika siku kanan melakukan gerakan berulang-ulang seperti tennis, golf. Penyakit ini biasa terjadi pada orang-orang berusia 30-50 tahun.

Gejala Tennis Elbow


Gejala yang umumnya dirasakan penderita tennis elbow adalah nyeri pada sisi luar siku, yang menjalar hinga ke lengan bawah dan pergelangan tangan. Gejala bisa berlangsung dalam rentang waktu 6bulan sampai 2 tahun, yang bermula dari nyeri ringan kemudian akan memburuk seiring waktu. Meskipun demikian umumnya penderita akan sembuh dalam waktu satu tahun.

Nyeri pada tennis elbow bisa terjadi pada sejumlah aktivitas berikut:

  • Memutar pergelangan tangan, misalnya saat memutar kenop atau membuka tutup toples
  • Berjabat tangan, menulis atau menggenggam benda berukuran kecil seperti pensil
  • Mengangkat, menekuk atau meluruskan tangan.

Pada pemain golf anda akan merasakan rasa sakit pada lengan bawah atau siku. Gejala lainnya yaitu:

  • Siku menjadi kaku
  • Pergelnagan tangan atau lengan menjadi lemah
  • Jari-jari (khusunys jari manis dan kelingking) menjadi mati rasa atau terasa kesemutan.

Gejala tennis elbow jarang menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Tetapi bila dibiarkan tidak ditangani, gejala akan menggangu aktivitas sehari-hari. Segera periksakan diri ke dokter apabila gejala tidak membaik walaupun sudah diobati dengan obat pereda nyeri atau bila lengan menjadi lemah dan kaku.

#Kapan Anda Harus Periksakan Diri Ke Dokter?
Apabila anda menemukan penyebab dari rasa sakit pada siku anda, sebaiknya hindari aktivitas yang berulang hingga tangan anda lebih baik. Anda harus ke dokter apabila rasa sakit dan kaku pada siku tidak melemah setelah beristirahat. Anda juga bisa menggunakan es untuk mengopres, atau mengonsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa resep.

Penyebab Tennis Elbow


Tennis Elbow disebabkan oleh ketagangan pada otot dan tendon lengan bawah disekitar siku, akibat aktivitas berlebihan yang dilakukan secara berulang-ulang. Kondisi tersebut bisa mengakibatan peradangan dan robeknya otot serta tendon yang menghubungkan otot lengan bawah ke tulang siku.

Sebagaiman namanya, tennis elbow bisa terjadi akibat bermain tenis, dimana lengan bergerak memukul bola secara berulang. Selain tenis, beberapa olahraga dan kegiatan yang melibatkan gerakan lengan berulang juga bisa menjadi pemicu terjadinya tennis elbow diantaranya yaitu:

  • Olahraga seperti bulu tangkis, renang atau golf
  • Kegiatan seperti mengecat. menggunting atau mengetik dalam waktu yang lama.

Walaupun bisa menimpa semua orang dari segala rentang usia, tennis elbow lebih beresiko terjadi pada orang dengan usia 30-50 tahun. Orang-orang dengan jenis pekerjaan tertentu, seperti pelukis atau pemahat juga lebih rentan terkena tennis elbow. Hal ini karena pekerjaan tersebut melibatkan gerakan lengan secara berulang dalam waktu yang cukup lama.

Diagnosis Tennis Elbow


Untuk mendiagnosis tennis elbow, dokter akan terlebih dahulu menanyakan gejala dan aktivitas yang dilakukan pasien. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan menekan area yang menghubungkan tendon dan tulang siku serta meminta pasien menggerakkan siku ke berbagai arah.

Apabila dokter mencurigai disebabkan oleh kondisi lain, dokter akan melakukan pemeriksaan yang lebih mendetail untuk memastikan diagnosis, antara lain dengan foto Rontgen atau MRI.

Perawatan Tennis Elbow Di Rumah


Perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut ini bisa membantu anda mengatasi tennis elbow diantaranya yaitu:

  • Mengentikan aktivitas yang menyeabkan rasa sakit untuk 1-2 minggu atau lebih, bergantung pada saran dokter
  • Gunakan es untuk rasa sakit akan tetapi jangan diletakkan langsung pada siku
  • Lapisi perban elastis disekitar siku untuk menjaganya tetap hangat dan membantu bergerak lebih fleksibel
  • Tepuk sel kolektif fisioterapi sesuai arahan dokter
  • Segera laporkan ke dokter anda jika gejala tidak membaik setelah mengonsumsi obat atau terjadi efek samping seperti demam dan ruam
  • Anda juga bisa mencoba melakukan 7 tips jitu untuk penderita tennis elbow yang memanfaatkan bahan alami yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah.

Pengobatan Tennis Elbow


Pada sebagian besar kasus, tennis elbow bisa disembuhkan tanpa harus menjalani operasi. Penderita disaranka mengistirahatkan otot dan tendon daerah siku, serta mengompres area yang nyeri dengan kantong es untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Dokter bisa meresepkan obat seperti diclofenac atau ibuprofen, untuk membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan.

Bila metode diatas tidak berhasil menghilangkan nyeri, dokter akan menyarankan pasien menjalani fisioterapi. Melalui fisioterapi, pasien akan dilatih untuk melakukan gerakan yang bervariasi. Fisioterapi bertujuan untuk meregangkan dan menguatkan otot lengan secara bertahap. Salah satu contoh gerakannya adalah latihan eksentrik yaitu menekuk pergelangan tangan ke atas dan menurunnya secara perlahan.

Terapi lain yang bisa dilakukan adalah ultrasound atau shock wave therapy. Kedua terapi ini menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi p0ada area yang nyeri untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa terapi lainnya adalah suntikan platelet rich plasma (PRP), yaitu serum yang berasal dari darah pasien sendiri dan sudah melalui proses khusus atau suntikan kortikosteroid serta botox.

Apabila semua metode diatas tidak berhasil meredakan gejala setelah 6-12 bulan, maka dokter akan menyarankan prosedur bedah. Bedah bisa dilakukan secara artoskopi atau dengan bedah terbuka. Dua metode bedah tersebut bertujuan mengangkat jaringan mati dan menghubungkan lagi otot yang sehat ke tulang.

Setelah operasi, pasien akan diminta menggunakan penyangga lengan untuk mengembalikan kekuatan dan kekuatan otot.

#Perlu Diketahui!
Walaupun tingka keberhasilan operasi tennis elbow mencapai 80-90% akan tetapi pasien akan beresiko mengalami penurunan kekuatan otot lengan.

Anda juga bisa mencoba menggunakan obat herbal untuk mengobati Tennis Elbow. Obat herbal ini bisa anda gunakan apabila anda tidak cocok atau mempunyai alergi dengan obat-obatan kimia dan tidak ingin melalukan jalan operasi. Mengapa harus obat herbal? Karena obat herbal ini terbuat dari bahan yang alami sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia tanpa menimbulkan efek samping walaupun dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Obat herbal ini solusi yang tepat untuk pencegahan ataupun obat pendamping untuk membantu proses penyembuhan Tennis Elbow.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*