7 Trik Jitu Mengatasi Dermatitis Seboroik Ala Rumahan

Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menderita Dermatitis Seboroik? Bingung cara mengatasinya? Lakukan 7 Trik Jitu Mengatasi Dermatitis Seboroik Ala Rumahan Ini

Ketahui! Bahaya Penyakit Dermatitis Seboroik!


Dermatitis Seboroik merupakan penyakit kulit yang biasanya mengenai kulit kepala dan area tubuh yang berminyak seperti punggung, wajah, dahi, ketiak, pangkal paha, serta dada bagian atas. Pada kulit kepala, penyakit ini menyebabkan kulit berwarna merah, berketombe dan bersisik.

Dermatitis Seboroik bukan penyakit menular, akan tetapi bisa memengaruhi rasa percaya diri penderita. Selain ketombe, dermatitis seboroik juga sering disebut dengan psoriasis seboroik dan eksim seboroik. Sedangkan dermatitis seboroik yang menjangkiti bayi disebut dengan cradle cap.

Dermatitis Seboroik bisa menyerang orang pada segala usia, dimana setidaknya 1-3% dewasa muda pernah menderita penyakit ini. Akan tetapi orang dengan masalah pada sistem kekebalan tubuh (penderita HIV/AIDS, penyakit parkinson) lebih rentan untuk mengalaminya. Kondisi stres juga berpotensi memperburuk gejala yang sudah ada.

Gejala Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik tidak memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada umumnya dermatitis seboroik mempunyai gejala seperti:

  • Kulit terasa gatal atau seperti terbakar
  • Kulit kepala berwarna merah dan berketombe
  • Kelupasan kulit atau ketombe juga terjadi pada kumit, jenggot atau alis
  • Kelopak mata akan berkerak atau berwarna kemerahan (blefaritis)
  • Kulit bersisik berwarna putih atau kuning terjadi di area kulit yang berminyak selain kulit kepala, seperti wajah, ketiak, telinga dan dada.

7 Trik Jitu Mengatasi Dermatitis Seboroik Ala Rumahan

Banyak sekali metode pengobatan yang bisa anda lakukan untuk mengobati Dermatitis Seboroik, salah satunya yaitu dengan melakukan 7 Trik Jitu Mengatasi Dermatitis Seboroik Ala Rumahan ini yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah diantaranya yaitu:

1. Lakukan Cuci Muka 2 Kali Dalam Sehari

Mencuci muka akan mengangkat kelebihan minyak dan mencegah sel-sel kulit mati menempel dengan lapisan di bawahnya dan membentuk sisik.

  • Gunakan sabun lembut yang tidak mengiritasi kulit. Jika dermatitis seboroik juga terjadi di kelopak mata, gunakan sampo bayi untuk membersihkannya
  • Jangan gunakan produk yang mengandung alkohol pada kulit. Produk seperti ini akan mengiritasi kulit dan menambah masalahnya
  • Gunakan pelembap yang tidak berminyak dan menyumbat pori. Gunakan produk yang berlabel non-comedogenic dan oil-free pada kemasannya.

2. Atasi Gatal dan Hindari Menggaruk

Menggaruk kulit akan menyebabkan iritasi dan beresiko menimbulkan infeksi jika kulit sampai terluka. Saat anda merasa gatal, gunakan obat antigatal untuk mengatasinya seperti:

  • Gunakan hidrokortison. Krim ini akan mengurangi gatal dan radang tetapi tidak boleh digunakan terus menerus selama berminggu-minggu karena bisa menyebabkan penipisan kulit
  • Coba gunakan losion kalamin. Losion ini meredakan gatal dan berefek mengeringkan kulit
    Berikan kompres dingin ke bagian yang terasa gatal untuk meredakannya. Gunakan kantong es berbalut handuk, atau waslap yang dibasahi air dingin
  • Pertimbangkan penggunaan antihistamin oral jika anda merasa gatal di malam hari. Jika gatal membuat anda sulit tidur, anthisitamin seperti Benadryl atau Zyrtec bisa membantu mengatasinya.

3. Cobalah Menggunakan Bahan-bahan alami

Langkah ini memang belum teruji secara ilmiah, akan tetapi sebagian orang pernah mencoba dan merasakan manfaatnya. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat alami untuk memastikan obat itu sesuai dengan anda serta berinteraksi dengan obat yang anda gunakan ataupun penyakit yang anda derita. Beberapa obat alami yang bisa anda manfaatkan diantaranya yaitu:

  • Lidah buaya. Anda boleh membeli dan menggunakan produk lidah buaya komersial atau menggunakan gel dari tanamannya secara langsung. Usapkan gel yang menenangkan ini ke permukaan kulit anda
  • Suplemen minyak ikan. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk kulit. Penggunaan suplemen ini mungkin bisa membantu mengatasi masalah kulit anda
  • Minyak tea tree. Minyak tea tres berkhasiat sebagai antiseptik sehingga mampu mengatasi infeksi yang menghambat penyembuhan penyakit. Untuk menggunakannnya, buatlah larutan minyak tea trea 5%. Campurkan satu bagian minyak dengan 19 bagian air hangat. Gunakan korek kuping bersih untuk mengusapkan larutan ini ke bagian yang sakit dan biarkan selama sekitar 20menit. Kemudian bilas. Ketahuilah bahwa sebagian orang alergi terhadap minyak ini dan tidak boleh menggunakannya.

4. Kurangi Stres

Stres bisa menyebabkan perubahan hormon yang membuat anda rentan mengalami masalah kulit. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengendalikan stres diantaranya yaitu:

  • Berolahraga selama sekitar 2 setengah jam setiap minggu
  • Tidur selama 7-9 jam setiap malam
  • Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi, pemijatan, visualisasi, yoga dan pernapasan mendalam.

5. Gunakan Kompres Hangat

Langkah ini sangat cocok untuk mengatasi bercak kulit bersisik pada kelopak mata.

  • Buatlah kompres hangat dengan waslap yang dibasahi dengan air panas. Kompres hangat lembut bagi kulit yang rapuh di sekitar mata, juga tidak membawa sabun ke dalam mata
  • Biarkan kompres di kelopak mata hingga lapisan kulit bersisik melunak dan bisa diangkat
  • Jangan kelupas kulit bersisik jika tidak terangkat. Jangan sampai kulit terluka sehingga anda beresiko mengalami infeksi.

6. Lunakkan Kulit Yang Bersisik Dengan Minyak

Langkah ini akan membantu anda mengangkat kulit yang bersisik tanpa menimbulkan rasa nyeri. Pijatkan minyak ke lapisan kulit yang bersisik, kemudian biarkan hingga meresap. Biarkan paling tidak selama 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat. Usapkan waslap untuk mengangkat kulit bersisik setelah lembut. Anda boleh menggunakan minyak yang anda sukai, pilihannya diantaranya yaitu:

  • Baby oil komersial. Pilihan ini paling sesuai untuk anak-anak
  • Minyak mineral
  • Minyak zaitun
  • Minyak kelapa.
Baca Juga : Obat Herbal Dermatitis Seboroik

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Dermatitis Seboroik Secara Herbal


Ingin Mencegah dan Mengobati Dermatitis Seboroik Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Dermatitis Seboroik Ini Solusi Terbaiknya~!


7 Trik Jitu Mengatasi Dermatitis Seboroik Ala Rumahan yang terakhir adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Dermatitis Seboroik yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Dermatitis Seboroik secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Dermatitis Seboroik merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Dermatitis Seboroik ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Herbal Dermatitis Seboroik Klik Disini ↓↓

Atau Pesan Langsung Obat Herbal Dermatitis Seboroik

 Layanan Konsultasi dan Pemesanan Buka 24 Jam
Best Regards, Idaman Sehat

Ilham Nur Rizki Muharram
Hotline : 081320494019(Telp/SMS/WA)- 5D55CD3A (BBM)
Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Kota Tasikmalaya, 46115 Indonesia.
Jelly Gamat QNCObat Herbal Dermatitis Seboroik

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*